website yang yang membahas seputar android, laptop, bloging dan tips menulis

Saturday, 20 May 2017

Smadav Antivirus Lokal Yang Ampuh Untuk Mencegah Virus Wanacry Menginfeksi Komputer

Beberapa hari lalu dunia di hebohkan dengan virus ransomeware wanacry. Virus ini sudah menyerang hampir seluruh negara tidak tangung tangung  sasaran virus ini juga  menyerang  rumah sakit  hingga komputer yang ada di rumah sakit tidak bisa di gunakan untuk mendata dan melayani pasien.

Akibatnya banyak kerugian yang di sebabkan oleh virus wanacry ini.
Tapi virus ransome wannacry biasanya hanya ampuh untuk menyerang sistem server berbasis windows sedangkan sistem berbasis  linux sepertinya masih aman  bahkan hampir mustahil untuk  di di infeksi oleh virus ini.

Gejala setelah komputer berhasil di infeksi wannacry  biasanya  file akan di kunci dalam format zip dan tidak bisa di buka. Untuk membukanya biasanya si pembuat virus akan meminta tebusan terlebih dahulu berupa uang untuk di transfer. tapi walaupun uang sudah di transfer  Itu  tidak menjamin bahwa komputer bisa di kembalikan seperti semula.


Baiklah setelah beberapa lama admin mencari di google antivirus yang bisa di gunakan buat mencegah nih virus wannacry menginfeksi  laptop admin. Ternyata antivirus itu sudah terinstal dinsdi laptop admin.

Smadav antivirus lokal buatan asli made in indonesia sudah sejak dulu telah menambahkan  fitur pencegahan virus ransomeware wannacry. Tercatat sejak 2016 smadav sudah beraksi untuk menambahkan fitur pencegahan virus ransomware pada antivirusnya.


antivirus smadav untuk mengatasi virus ranomeware



nah ini adalah situs resmi smadav WWW.SMADAV.NET yang telah menambahkan fitur PROTECT RANSOMEWARE WANNACRY.
 antivirus smadav untuk mengatasi virus ranomeware


SMADAV.NET  l Fitur yang telah di tambahkan pada smadav pada  versi terbaru  11.4 adalah

+ Penambahan database 404 virus,
+ Peningkatan kemampuan Anti-Ransomware untuk pencegahan Ransomware (WannaCry 1 dan Wanna-Cry 2.0),
+ Penggunaan resource CPU lebih ringan saat proteksi aktif,
+ Perbaikan kesalahan program (bug) dan kesalahan deteksi.

cara kerja Virus WannaCry  bisa menyebar melalui LAN, baik itu menggunakan kabel LAN, maupun tanpa kabel (wireless), yang mana WannaCry ini masuk melalui port yang rentan terhadap serangan atau vulnerable, port Server Message Block (SMB) ini lah yang di-eksploit[asi] oleh WannaCry, sehingga, meskipun user dalam satu LAN yang sama tidak melakukan install program, namun jika salah satu user di LAN yang sama sudah terkena WannaCry Ransomware, maka user lain pun bisa ikut terkena WannaCry Ransomware juga jika pada komputernya ditemukan celah pada portnya. Seperti halnya vulnerable pada Server IIS 5/6 milik Windows, yakni WevDAV vulnerable, yang bisa diekploitasi oleh Hacker, misal mengupload file, padahal tidak ada script untuk upload file di server tersebut. 

bagaimana cara smadav mencegah virus wannacry mengifeksi komputer

Cara antivirus smadav mencegah virus wanacry adalah dengan Menutup port tertentu yang digunakan oleh WannaCry pada Windows XP, sedangkan Windows Vista/7/8/10 hanya men-disable SMB1 (lewat Registry dan Services), kemudian ada 4 sampel WannaCry yg dimasukkan ke DB untuk deteksi dan pencegahan infeksi.


Dan perlu anda ketahui bahwa Antivirus smadav hanya bisa mencekal dan mencegah virus wannacry mengifeksi komputer. tapi untuk mengobati komputer yang telah terinfeksi parah mungkin masih belum bisa di gunakan.

Okeh sekian postingan kali ini terimakasih sudah membaca.

No comments:

Post a Comment